Rabu, 02 Juni 2010

EVOLUSI ABAD INFORMASI DAN SEJARAH KOMPUTER

EVOLUSI ABAD INFORMASI DAN SEJARAH KOMPUTER

I. EVOLUSI ABAD INFORMASI
A.ASPEK ABAD PERTANIAN
Periode < 1800
Pekerja Petani
Perpaduan Manusia & tanah
Peralatan Tangan
B.ASPEK ABAD INDUSTRI
Periode 1800 – 1957
Pekerja Pegawai pabrik
Perpaduan Manusia & mesin
Peralatan Mesin
C.ASPEK ABAD INFORMASI
Periode 1957 – sekarang
Pekerja Pekerja terdidik
Perpaduan Manusia & manusia
Peralatan Teknologi Informasi

D.MASYARAKAT INFORMASI
 suatu masyarakat dimana lebih banyak orang bekerja dalam bidang penanganan informasi dari pada bidang pertanian dan industri.

E.KARAKTERISTIK ABAD INFORMASI
 Munculnya masyarakat berbasis informasi
 Bisnis tergantung pada TI
 Adanya transformasi proses kerja
 Re-engineers proses bisnis yang konvensional
 Keberhasilannya bergantung pada efektivitas pemanfaatannya.
 TI melekat pada banyak produk & pelayanan

F.DEFINISI TEKNOLOGI INFORMASI
Teknologi Informasi  suatu istilah yang menunjukkan berbagai macam hal dan kemampuan yang digunakan dalam pembentukan, penyimpanan, dan penyebaran informasi.
TI mencakup :
o Komputer
o Jaringan Komunikasi
o Consumer Electronics
o ‘Know-How’


F.1. KOMPUTER
Komputer  suatu sistem elektronik yang dapat di-program (di-instruksi) untuk menerima, memproses, menyimpan dan menyajikan data dan informasi

SEJARAH SINGKAT KOMPUTER
A. sejarah perkembangan komputer dari tahun sebelum masehi antara lain :
• Tahun 3000 SM, bilangan mulai dipakai.
• Tahun 2600 SM,  dikembangakan suatu alat bantu untuk menghitung yaitu “ABACUS”.
• Tahun 1642  BLAISE PASCAL berhasil membuat alat hitung mekanik yang dapat melaksanakan penambahan dan pengurangan sampai bilangan terdiri dari 6 angka.
• Tahun 1694  GOTFRIED WILHELM LEIBITZ berhasil menemukan mesin yang dapat mengendalikan.
• Tahun 1812  CHARLES BABBAGE mengembangkan alat  melakukan proses perkalian panjang secara otomatis  LEIBNITZ.
• Tahun 1890  HOLLERITH mengembangkan alat  mempercepat penghitungan sensus di Amerika  dengan menggunakan kartu berlubang.
• Tahun 1944  HOWARD AIKAN berhasil membuat komputer elektronik mekanik yang diberi nama MARK I.
• Tahun 1945  2 orang ahli yang bernama JOHN W. WAUCHLR dan J PRESPER ECKERT JR  ENIAC (Electrial Integrator and Calculator).

B.Sejarah / Generasi Komputer dengan Teknologi yang Berubah
• Generasi Pertama :
1. Mesin-mesin berbaris valve yang didasarkan pada prinsip desain von Neumann.
2. Volume 15000 kaki persegi.
3. meliputi : Electronic delay Stroge Automatic Computer (EDCAS), Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC), Automatik Computer Engine (ACE), Lyones Electronic Office (LEO), UNIVAC-1.
• Generasi Kedua
1. Menggunakan transistor.
2. Biaya pembuatan dan pengoprasian lebih murah.
3. Peningkatkan reliabilitas dan power pemrosesan.
4. IBM Seri 7000.
• Generasi Ketiga
1. Menggunakan IC.
2. IBM 360 series ICL 1900 Series, DEC PDP-8.

• Generasi Selanjutnya / Modern
1. Berdasarkan kemajuan teknologi IC.
2. Pada LSI memiliki lebih dari 1000 transistor di keping IC tunggal.
3. Pada VLSI memiliki lebih dari 10.000 transistor di keping IC tunggal.
4. dst.

JENIS KOMPUTER MENURUT UKURANNYA
 Microcontrollers
 Microcomputers (Personal Computer = PC), contoh : Desktop Computers, Notebook computers dan Laptop computers, Palmtop computers, Pen-Based computers, Personal Digital Asistant (PDA), Electronic Organizers
 Minicomputers, contoh: AS/400
 Mainframes, contoh: ES/9000
 Supercomputers, contoh: Cray 3

F.2. JARINGAN KOMUNIKASI
Komunikasi mencakup pengiriman dan penerimaan data dan informasi melalui jaringan komunikasi.
Jaringan Komunikasi adalah inter-koneksi dari berbagai lokasi melalui suatu medium yang memungkinkan orang dapat mengirim dan menerima data dan informasi.
Komunikasi Data adalah transmisi data dan informasi melalui suatu medium komunikasi.

F.3. CONSUMER ELECTRONICS
 peralatan elektronik yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia. Contoh: Televisi, Camcorder, HP, dll.

F.4. PEMAHAMAN PEMANFAATAN TI (‘KNOW-HOW’)
‘Know-How’ diartikan sebagi mengerti dan paham bagaimana mengerjakan sesuatu dengan baik, dalam hal ini kemampuan menggunakan kecanggihan TI untuk memecahkan masalah dan memanfaatkan peluang yang diciptakannya. ‘Know-How’ mencakup :
 Familiar dengan peralatan-peralatan TI
 Punya skil dalam menggunakan peralatan-peralatan TI.
 Mengerti kapan menggunakan TI untuk memecahkan masalah atau memanfaatkan peluang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar